Cari Blog Ini

Selasa, 26 Oktober 2010

Gunung Merapi Meletus

Wedhus gembel yang menjadi pertanda letusan Gunung Merapi tidak terlihat lagi hingga pagi ini. Meski demikian, Merapi masih berstatus zona merah. Gempa-gempa kecil masih tercatat.

"Gempa sudah tidak sesering sebelum erupsi. Gempa-gempa kecil tetap ada namun tidak berbahaya," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Subandriyo, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (27/10/2010) pukul 10.30 WIB.

Berkuranganya aktivitas gempa di Merapi bisa dilihat dari alat pengukur aktivitas gempa (seismograf) yang dipasang di 4 titik.

4 Titik seismograf tersebut terletak di Klatakan/Babadan/Magelang (sisi barat); Pusunglondon/Selo/Boyolali (utara); Deles/Klaten (timur/tenggara); dan Plawangan/Turgo/Kaliurang (selatan).

"Aktivitas awan panas (wedhus gembel) juga sudah tidak keluar lagi," katanya.

Subandriyo tidak dapat memastikan apakah kawasan lereng Gunung Merapi sudah bisa dinyatakan aman untuk ditempati warga.

"Itu wewenang Pemda untuk menyatakan aman, kita bertugas mengawasi Gunung Merapi. Tapi yang pasti saat ini masih dalam zona merah," kata Subandriyo.

Sebelumnya Subandriyo memaparkan, letusan Merapi yang terjadi Selasa (26/10/2010) pukul 17.02 WIB, berbeda dengan aktivitas letusan yang terjadi pada tahun 2006. Karakteristik letusan Merapi yang terjadi kemarin adalah eksplosif (ledakan) dan bukan elusif (aliran), ditandai dengan dentuman dan dimuntahkannya hawa panas dengan suhu sekitar 500 derajat Celsius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar