Cari Blog Ini

Selasa, 26 Oktober 2010

Pentingnya Bahasa

JAKARTA - Bahasa tidaklah statis, karena itu bahasa harus dikembangkan.

"Pengembangan bahasa dibutuhkan, karena bahasa bukan sekadar alat komunikasi tetapi ekspresi dari budaya yang menjadi jiwa tiap bangsa," tutur Mendiknas M Nuh di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (27/10/2010).

Tugas pengembangan bahasa diserahkan kepada Pusat Bahasa. Lembaga di bawah naungan Kemdiknas ini tahun depan akan berubah status menjadi Badan Pengembangan Bahasa. "Perubahan ini merupakan realisasi dari amanat UU nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan," imbuh Nuh.

Tiap tahun, Pusat Bahasa melaksanakan gebyar Bulan Bahasa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian  peringatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Gebyar Bulan Bahasa berisi berbagai lomba tentang kebahasaan di antaranya lomba penulisan naskah cerpen dan drama, lomba musikalisasi puisi, lomba cerdas cermat kebahasaan, bengkel sastra, serta lomba kemampuan berbahasa Indonesia untuk peserta bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Puncak peringatan bulan bahasa akan dilangsungkan Kamis, 28 Oktober, besok dengan memberi anugerah kepada para pemenang lomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar